Jumat, 04 Oktober 2013

ALTERNATIF DIKLAT DAN SEKOLAH BIDANG PELAYARAN

Profil BP2IP Surabaya
logo KESEMPATAN LUAS MERAIH MASA DEPAN DI BP2IP SURABAYAPepatah mengatakan bahwa orang cerdas adalah orang yang mampu memanfaatkan kesempatan. Jika Anda merupakan lulusan minimal SMP, maka Anda memiliki kesempatan emas itu dengan bergabung di sekolah pelayaran yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu sekolah pelayaran terbaik yang dimiliki negara kita adalah BP2IP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran) yang berlokasi di Surabaya ini.

Profil BP2IP Surabaya yang perlu Anda catat adalah bahwa lembaga ini sah dibentuk di bawah naungan Menteri Perhubungan. Tujuan diadakannya balai diklat ini adalah untuk mendidik calon taruna dan taruni yang professional dan berkompeten di bidang pelayaran niaga serta berstandar internasional dan nasional. Jadi dengan bergabung di BP2IP ini Anda telah berkontribusi dalam usaha negara kita mempertahankan wilayah laut dan menjadi kader pelaut seperti nenek moyang kita dahulu.
Diklat Pelayaran BP2IP Surabaya
BP2IP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran) Surabaya menyediakan berbagai macam diklat pelayaran yang dapat Anda ikuti. Jurusan diklat ini bermacam-macam dan Anda berhak memilihnya. Pada akhir proses diklat Anda akan mendapatkan sertifikat yang akan berguna bagi Anda dalam bekerja nanti serta menentukan posisi jabatan dan gaji yang akan Anda terima.
Berikut ini beberapa macam diklat pelayaran yang disediakan :
1. Program Diklat Pembentukan Diklat Pelaut Dasar (DP-D)
Program diklat ini memiliki dua jurusan yakni nautika dan teknika. Nautika lebih kepada ilmu navigasi sedangkan teknika lebih pada ilmu pengoperasian dan perawatan kapal. Lama pendidikan kurang lebih 6 bulan dengan pembagian tiga bulan di dalam kelas indoor dan tiga bulan praktek di lapangan outdoor. Syarat usia adalah 17 tahun dan maksimal 40 tahun, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, tinggi badan 160 cm dan minimal lulusan SMA/SMK atau sederajat.
2. Program Diklat Pembentukan Diklat Pelaut (DP-IV)
Diklat ini lebih tinggi daripada diklat dasar karena pada taruna nautika berkesempatan menjadi nakhoda. Lama pendidikan adalah 3 tahun dengan asumsi 2 tahun di kelas (teori) dan 1 tahun di kapal (praktek).. Persyaratan pada dasarnya sama dengan diklat dasar namun disertai dengan surat pernyataan belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama masa pendidikan.
3. Program Diklat Pembentukan Diklat Pelaut (DP III) Crash Program
Lama pendidikan diklat ini adalah 2,5 tahun dengan 1,5 tahun pendidikan teori dan 1 tahun pendidikan praktek. Persyaratan pada dasarnya sama namun Anda harus memiliki ijazah SMA untuk mengikuti diklat ini.
Kontak Kami BP2IP Surabaya :
Jl. Raya Hang Tuah No. 5, Surabaya.
Telp. (031) 352-3685
Fax. (031) 354-6028
Email : info@bp2ip-surabaya.ac.id
http://www.bp2ip-surabaya.ac.id
Foto-Foto Kampus dan Wisudawan-Wisudawati BP2IP Surabaya :
kampus 21 KESEMPATAN LUAS MERAIH MASA DEPAN DI BP2IP SURABAYA
Kampus 4 KESEMPATAN LUAS MERAIH MASA DEPAN DI BP2IP SURABAYA
wisuda 2 KESEMPATAN LUAS MERAIH MASA DEPAN DI BP2IP SURABAYA
Wisuda KESEMPATAN LUAS MERAIH MASA DEPAN DI BP2IP SURABAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar